6 CARA MENULIS BUKU BEST SELLER

Maryuni Puji Rahayu


Bismillahirrohmannirrohiim. Salam sejahtera untuk kita semua. Kembali malam ini Jumat, 31 Juli 2020, bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1441 H, penulis mengikuti kuliah online bersama Omjay. Kali ini Omjay menghadirkan seorang guru berprestasin pada tingkat nasional dan pernah menerima penghargaan di tingkat internasional. Beliau akan memberikan materi tentang cara menulis buku best seller. Apa dan bagaiman caranya, penulis akan merangkumnya di bawah ini. Namun agar lebih kenal pada beliu terlebih dahulu akan penulis sampaikan tentang profilnya.

Profil Narasumber

Penulis memiliki nama lengkap Encon Rahman. Ia lahir  di Majalengka pada tanggal 5 April 1972. Ia merupakan anak tunggal dari Ibu Ecoh (almh) dan Bapak Darmin (alhm). Encon Rahman sekolah di SD Negeri Cikampek XV kemudian melanjutkan sekolah ke SMP Negeri Cigasong. Setelah lulus ia melanjutkan ke Sekolah Pendidikan Guru (SPG) Negeri Majalengka.

Setelah itu ia merantau ke Bandung. Sambil bekerja Encon Rahman melanjutkan kuliah di Universitas Pasundan Bandung Fakultas Pendidikan dan Keguruan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Setelah menyelesaikan pendidikan di Unpas selanjutnya pada tahun 2002 ia menjadi santri karya di pesantren Daarut Tauhiid pimpinan Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). Enam tahun lamanya Encon Rahman mondok di pesantren  Daarut Tauhiid. Ia berkarya pada program Misykat Lembaga Dompet Peduli Umat (DPU) DT.

Pada saat mondok, Encon Rahman berhasil menjadi juara II tingkat nasional tahun 2005 pada sayembara menulis karya ilmiah dengan judul “Distribusi Zakat Produktif sebagai Alternatif dalam Mengatasi Problem Masyarakat Prasejahtera”. Keberhasilan Encon Rahman dalam dunia tulis menulis mendorongnya pula menjadi pembicara, trainer, dan konsultan ekonomi mikro bersama Iwan Saktiawan di berbagai lembaga BUMN. Tercatat, ia pernah menjadi trainer di PT Arutmin Indonesia Kalimantan, PT Antam Bogor, PT PNM Cabang Jakarta, Bandung, Cirebon, Tasikmalaya, Cianjur, Bogor, Indramayu, Kuningan, dan Majalengka, PT Indonesia Power UBP Suralaya Banten, PT Indonesia Power UBP Merica Jawa Tengah, PT Indonesia Power UBP Saguling Jawa Barat, PT Pertamina UBP balongan Indramayu, PT Pelindo II, PT Jasa Raharja, PT Semen Gresik Jawa Timur, PT Bio Farma (persero) Bandung, dan Bank BRI cabang Bandung.

Kecintaannya pada bidang sosial-pendidikan mendorongnya untuk berkiprah pada tenaga pendidik dan kependidikan. Pada tahun 2006 Encon Rahman tercatat sebagai Guru berstatus PNS yang ditempatkan di Kabupaten Majalengka. Sebagai guru muda Encon Rahman terus berkarya dan berkarya. Pada tahun 2012 ia menjadi Juara III Kreativitas Guru tingkat Nasional dan juara II “Simposium Nasional Program BERMUTU” tingkat Nasional. Pada tahun 2013 Ia menjadi Juara Harapan I Forum ilmiah guru (FIG) SD Tingkat Provinsi Jawa Barat. Selanjutnya, tahun 2014 ia menjadi Finalis  Inovasi pembelajaran (INOBEL) tingkat nasional untuk jenjang SD. Pada Tahun 2015 Finalis “Anugerah Mahkamah Konstitusi Guru PPKn” Kelompok SD Tingkat Nasional dan juara I tingkat Provinsi Jawa Barat. Pada tahun 2016 Juara I guru berprestasi tingkat nasional dan Guru Inspiratif Jawa Barat “Anugerah Een Sukaesih Awards 2016”. Pada tahun 2017 Encon Rahman mendapat penghargaan sebagai guru internasional dari Princess Maha Chakri Awards (PMCA) Kerajaan Thailand. Pada tahun 2018 ia pun mendapat penghargaan Satya Lencana dari Presiden RI, Joko Widodo sebagai guru berprestasi di bidang Pendidikan.

Adapun karya yang sudah dipublikasikan antara lain, (1) Menulis 500 berupa cerita pendek, artikel pendidikan dan puisi ke surat kabar / majalah lokal dan nasional. (2) Menulis 6 buku pelajaran untuk Sekolah Dasar, (3) Menulis 2 buku sosial (4) Menggambar 150 kartun di surat kabar/majalah (5) Menulis Penelitian Tindakan Kelas setiap tahun dan dipubliksikan di jurnal ilmiah.

Tahun ini, Encon Rahman terdaftar sebagai pengawas sekolah dengan rekomendasi karena guru berprestasi. Ia tidak menjadi kepala sekolah terlebih dahulu, tetapi langsung masuk sebagai pengawas sekolah karena berprestasi tingkat nasional dan internasional.

Selanjutnya, dari berbagai prestasi yang diperoleh Encon Rahman bisa keliling ke luar negeri, yakni bisa melaksanakan ibadah ke tanah suci, Mekkah tahun 2015, beasiswa belajar ke Melbourne, Australia tahun 2016, Perjalanan ke Singapur tahun 2017, Melaksanakan Ibadah umroh tahun 2017, dan Menerima  penghargaan Princess Maha Chakri Awards dari Kerajaan Thailand, Bangkok tahun 2017.

Tujuan Menulis Buku

Sebagai seorang penulis harus mempunya tujuan saat menulis. Apalagi sebagi ASN (Aparatur Sipil Negara). Menurut narasumber biasanya ada tiga tujuan menulis, yakni:

Ada 10 jenis buku yang bisa mendapat angka kredit jika akan digunakan untuk kenaikan pangkat bagi seorang ASN. 10 bujenis buku tersebut adalah:

  1. Buku karya bersama ini berbeda denga buku antologi/keroyokan. Buku bersama yang dimakksud adalah buku yang ditulis maksimal oleh 4 orang. Dan masing-masing penulis memiliki nilai tersendiri.

  1. 2. Buku best practice adalah publikasi hasil penelitian dalam bidang pendidikan  yang dilaksanakan di sekolah. ini pun meiliki rumusan nilai tersendiri.

3.      3. Artikel populer adalah tulisan ilmiah yang dipublikasikan di media massa (koran, majalah dst) yang menyangkut bidang pendidikan. Nilainya tergantung dengan dimana artkel tersebut dimuat/diterbitkan. Jika diterbitkan di koran/majalh tingkat nasional akan berbeda jika diterbitkan di tingkat propinsi.

4.     4.  Tulisan hasil penelitian

5. 5.  Teks pelajaran adalah buku yang berisi buku pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu dan diperuntukkan bagi peserta didik pada suatu jenjang pendidikan tertentu atau sebagai bahan pegangan mengajar guru, baik sebagai buku utama maupun sebagaibuku pelengkap.

6. Buku pengayaan

7.      7. Buku pedoman guru

8. Buku Pedoman Guru adalah buku tulisan guru yang berisi rencana kerja tahunan guru terdiri dari:

1. Rencana kerja pengembangan pembelajaran bagi peserta didik;

2. Rencana pengembangan profesi bagi guru pembelajar.

ANGKA KREDIT = 1,5

8.      9. Modul/diklat

Modul adalah materi pelajaran yang disusun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupa sehingga pembacanya diharapkan dapat menyerap sendiri materi tersebut.

Diktat adalah catatan tertulis suatu mata pelajaran atau bidang studi yang dipersiapkan guru untuk mempermudah/memperkaya materi matapelajaran/ bidang studi yang disampaikan oleh guru dalam proses kegiatan belajar mengajar.

9.      10. Buku bidang pendidikan

10.  10. Karya terjemahan

Karya terjemahan adalah tulisan yang disajikan dari penerjemahan buku pelajaran atau buku dalam bidang pendidikan dari bahasa asing atau bahasa daerah ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya yang akan digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Angka kredit nya adalah 1 (satu).

Buku Best Seller

Buku best seller adalah buku yang laris manis dalam jangka waktu yang pendek sejak diterbitkan. Kriteria best seller  penjualan mencapai 30-50 rb buku per tahun. Serentak di seluruh toko buku. Bagaimana agar kita bisa menulis buku yang bisa menjadi seperti itu? Berikut caranya:

 

6 Cara Menulis Buku Best Seller

1.      Menulis buku 2 jam x 10 hari itu lebih baik daripada menulis buku 10 jam x 2 hari

2.      Miliki dan kumpulkan buku tematik agar mudah menambah wawasan pada saat menulis buku yang sejenis

3.      Menulis buku lebih nyaman di sepertiga malam  atau  pagi hari  antara pukul 03.00-06.00

4.      Menulis buku harus seijin suami / istri

5.      Sebelum menulis buku, dianjurkan  memiliki wudhu agar tulisan kita mempunyai “ruh”.

6.      Menulis resume buku karya orang lain dengan tema  yang sejenis  sesuai dengan buku yang sedang kita tulis

Pengertian  Resume, Ringkasan, Rangkuman Dan Ikhtisar

Resume  adalah menulis ringkasan dari tulisan yang panjang dengan cara mengambil bagian  pokonya saja. Dalam menulis resume tidak boleh ditambah pendapat pribadi.

Ikhtisar adalah menulis ringkasan dengan cara  menuliskan pokoknya berdasarkan pemahaman sendiri

Langkah-langkah menulis resume

  1. Membaca  buku 
  2. Menemukan gagasan pokok
  3. Menuliskan kembali  gagasan pokok secara berurutan
  4. Menulis resume yang singkat dan padat
  5. Mempublikasikan resume

Demikian yang dapat saya tulis semoga dapat menambah wawasan kita semua. Aamiin.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Profil Penulis


Nama               : Maryuni PR, S.Pd.SD

Instansi            : SDN Rowodadi, Grabag, Purworejo, Jawa Tengah

Blog                : maryunipujipr73.blogspot.com

e-mail              : maryunipuji11@gmail.com

 

 

 

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESUME PERTEMUAN KE DUA BELAS

WA SARANA BELAJAR SISWA