WA SARANA BELAJAR SISWA

 

WA SARANA BELAJAR SISWA

MARYUNI PUJI RAHAYU, S. Pd.SD

Senin, 17 Agustus 2020, Indonesia tepat berusia 75 tahun. Waktu yang tepat untuk siswa dan pendidik untuk merdeka dalam belajar dan mengajar.

Waktu yang pas juga untuk kita mengenang dan mendoakan jasa para pahlawan yang telah begitu gigihnya berjuamg demi kemerdekaan bangsa kita ini. Tak terkecuali pahlawan pendidikan Ki Hajar Dewantara.

Beliau sangat menginspirasi, khususnya pada dunia pendidikan. Beliaulah yang mengobarkan semangat belajar bagi kita semua dengan berbagai ungkapannya. Ing Ngaro Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri handayani. Ada lagi, setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah. Dan masih banyak lagi ungkapan beliau.

Dengan adanya pandemi Covid-19, Mas Menteri Nadim Makarim sangat gencar menggaungkan merdeka belajar. Pembelajaran dilakukan dengan jarak jauh atau dengan nama lain PJJ. Yakni belajar dengan model daring (dalam jaringan), jaringan internet. Pembelajaran dengan tidak tatap muka. Belajar tidak harus di dalam ruangan kelas. Belajar boleh di mana dan kapan saja. Dan dengan apa dan siapa saja.

Pernyataan Mas Menteri Nadim Makarim untuk merdeka belajar, sejalan dengan pernyataan  Ki Hajar Dewantara, yakni setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah. Artinya pendidikan tak berhenti di bangunan sekolah, tapi juga di rumah, di jalan, dan di mana saja. Inilah tri pusat pendidikan.

Pusat pendidikan yang pertama di rumah. Dimana orang tua menjadi guru yang pertama dan utama. Dengan adanya pandemi Covid-19 ini seakan mengingatkan kita sebagai orang tua yang seakan lupa bahwa sebenarnya tugas utama kita mendidik anak-anak.

Pusat pendidikan yang kedua di sekolah. Siswa dan guru bertatap muka dalam pelaksanaan pembelajaran. Guru sebagai orang tua yang kedua setelah orang tua. Bahkan tak jarang orang tua menyerahkan pendidikannya pada guru saja. Setelah anak di sekolah, bisa atau tidak, jelas atau tidak tentang pelajaran, aklak terserah guru. Ini terjadi bisa karena kesibukan orang tua, bisa juga karena kurangnya pengetahuan para orang tua. Sedangkan pendidikan yang ketiga yakni di masyarakat.

Di masa new normal ini dan peningkatan jumlah penderia Covid-19 yang masih meningkat , dunia pendidikan masih terus menerapkan PJJ. Maka sebagai pendidik dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran. Kemajuan teknologi banyak dimanfaatkan para pendidik. Mulai dengan penggunaan Hand Phone (HP) yang dimanfaatkan untuk pembelajaran. Ada yang memanfaatkan aplikasi WA, blog, Google meet,  Zoom, dan lain-lain.

Sebelum menentukan jenis aplikasi yang digunakan, penulis mendata siapa saja yang memiliki HP sendiri. Siapa yang punya HP hanya orang tuanya. Siapa yang memiliki HP yang juga digunakan saudaranya untuk online.

Ternyata sebagian besar, belum memiliki HP sendiri. HP untuk komunikasi semua anggota keluarganya. Ada yang HPnya dibawa orang tuanya ke tempat kerjanya. Ada yang di waktu pagi digunakan oleh saudaranya yang lebih tinggi jenjang pendidikannya untuk online.

Dengan keadaan yang demikian, maka menggunakan aplikasi Whatsapp (WA) sangatlah tepat. Karena alpikasi ini sudah umum. Siapapun yang mempunyai HP android pasti menggunakan WA untuk sebagai media sosialnya. Maka penulis membuat Whats App Grup (WAG). Yang anggotanya pasti orang tua siswa.

Langkah berikutnya membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Selanjutnya menyampaikan materi. Dalam penyampaian materi, bisa dengan ditulis, voice note, dan vidio. Sebelum pemberian tugas/penilaian, pendidik memberikan waktu bagi siswa/orang tua untuk bertanya tentang materi yang disampaikan.

Dalam pengiriman jawaban dilakukan lewat jaringan pribadi penulis. Dengan tujuan agar tidak dibaca oleh siswa lain. Supaya dalam pengiriman tugas tidak melantur, penulis memberikan batasan waktu. Paling lambat pukul 21.00 WIB. Siangnya para siswa diberi fetbek dari tugas yang telah dikerjakan.

Banyak kelebihan dan kekurangan dari model WAG ini. Kelebihan dari model WAG ini, siswa dapat belajar dengan siapa saja dan kapan saja. Namun siswa memiliki tanggung jawab, yakni berupa pengiriman tugas. Ada kedekatan antara orang tua dan siswa. Pembelajaran tidak monoton karena ada vidio pembelajaran yang dapat ditonton.

Tidak ada sesuatau yang sempurna. Medel WAG ini pun ada kelemahannya. Guru agak ribet saat menuliskan materi, karana belum semua siswa memiliki HP sendiri maka tugas tidak bisa langsung dikirim ke guru, sehingga guru tidak cepat memberi umpan balik.

Inilah sekelumit kisah dibalik Covid-19 dalam pembelajaran yang penulis lakukan. Semoga dapat memberikan warna dalam dunia pendidikan.

Dirgahayu Indobesia...Merdeka!




Komentar

  1. https://maryunipujipr73.blogspot.com/2020/08/wa-sarana-belajar-siswa.html peserta lomba blog nomor 129

    BalasHapus
  2. WAG memang yang palin praktis digunakan saat ini... Memang kelemahan kita WA kita bisa eror karena tugas siswa yg banyak... Semangat bu.. Sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  3. Betul bu maryuni...permasalahan nya hampir sama... Semua pake hp orangtua nya...
    Tetap semangat....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe....semangat...belajar nulis Bu...cari pengalaman...😊

      Hapus
    2. Hehehe....semangat...belajar nulis Bu...cari pengalaman...😊

      Hapus
  4. Luar biasa....Mhn kunjungannya jg n follow hasanuddin.mapel.xyz

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Terima kasih, Pak...sebagai belajarku..🙏

      Hapus
    2. Terima kasih, Pak...sebagai belajarku..🙏

      Hapus
  6. Balasan
    1. Untuk mengingatkan diri sendiri utamanya..🙏🙏

      Hapus
    2. Untuk mengingatkan diri sendiri utamanya..🙏🙏

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESUME PERTEMUAN KE DUA BELAS