TIPS JITU MERAIH PRESTASI

Maryuni Puji R, S.Pd.SD

Assalamu’alaikum. Salam sejahtera untuk kita semua. Pada malam ini kita akan mendapatkan motivasi berprestasi dari bapak Sigit Suryono beliau guru berprestasi dari Yogyakarta yang sangat menginspirasi guru-guru Indonesia. Guru SMP Negeri 1 Wonosari Gunungkidul, DIY. Dengan moderator pada malam Bu Kanjeng/Siti Aisah.

Curiculum vitae

Bernama Sigit Suryono, S.Pd, M.Pd, lahir di Sleman, 20 Nopember 1976 dari pasangan Bapak Giyono SW dan Ibu Waginem. Masa kecil tinggal di Ngawen, Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Untuk lebih jelasnya dan detailnya bisa dilihat di e-mail ciget_suryo@yahoo.comsigit.suryono@gmail.com Situs web: ciget.info dan inobel.id  

Perjalanan Prestasi

Untuk berprestasi berawal dari jenjang SD yang selalu berprestasi. Dan selalu bersemangat tinggi. Orang tua bisa juga menjadi kunci keberhasilan seorang anak. Menjadi motivasi saat gagal, saat berhasil selalu mengingatkan untuk tidak sombong. Kata-kata orang tua yang baik selalu diingat “Kalah cacak menang cacak” Saat kita ada kesempatan untuk mengikuti suatu lomba, atau suatu kegiatan maka lakukanlah dengan maksimal seolah-olah tidak ada lomba lagi setelah itu masalah menang atau kalah, sukses atau gagal itu hal yang biasa dalam perlombaan. Maka dari itu setiap mengikuti berbagai event baik itu tingkat kabupaten, propinsi, maupun nasional akan dilakukan dengan sepenuh hati dan fokus.

Jadi kunci keberhasilan kita adalah kita fokus pada kegiatan yang kita lakukan dengan sepenuh hati. Arti dari fokus ini adalah kita harus bisa memilah dan memilih jenis kegiatan atau prestasi apa yang ingin kita raih. Jangan karena kesempatan semua ingin kita ikuti yang terjadi adalah kita tidak fokus pada lomba atau kegiatan yang kita ikuti tetapi pikiran dan kesempatan kita akan terbagai dengan berbagai event. Menentukan target dan juga selalu mengevaluasi apa yang kita lakukan.

Tips Berprestasi

  1. Jika ingin berprestasi lakukanlah beberapa hal:
  2.  Belajarlah terus sepanjang hanyat dan selalu mengevaluasi apa yang kita lakukan.
  3. Tidak usah khawatir kalah dalam perjuangan, karena kalah adalah prestasi yang tertunda.
  4.  Fokus pada kegiatan yang kita lakukan dengan berbuat maksimal .
  5. Pelajarilah seluruh gaya selingkung masing-masing jenis lomba dengan detail dan persiapkan seksama jangan terburu-buru, siapkan dan luangkan waktu untuk kegaitan tersebut.
  6.   Buat tampilan dan karya yang semenarik mungkin pasti akan berhasil.
  7. Jangan lupa siapkan  portofolio kita dengan seksama sehingga akan memudahkan kita dalam mengikuti berbagai jenis event lomba.

Tips narasumber saat menjadi Juara 1 Guru SMP Berprestasi Tingkat Nasional pada tahun 2015:

  1. Cermati isi dari pedoman tersebut berkaitan dengan proses penilaian dari tingkat Kabupaten, Tingkat propinsi, dan tingkat Nasional.
  2. Buat portofolio 8 tahun terakhir sesuai dengan ketentuan dari buku pedoman pemilihan guru berprestasi.[ kumpulkan semua karya bapak ibu guru yang sudah dibuat selama 8 tahun terakhir, untuk bukti fisik berupa Surat tugas, piagam, dll, diligalisir oleh atasan langsung]

Saat ini hidup di alam yang serba terbuka, ilmu yang mudah didapat dan tentu berbagai kegiatan sharing ilmu bisa mudah diperoleh. Maka tuntutlah ilmu setinggi-tingginya dan amalkan ilmu kita dimanapun, kapanpun, dan dengan siapa saja. Insya Allah keberhasilan ada di depan kita. Pengalaman utama yang dialami narasumber adalah "Keberhasilan diperoleh dari beberapa kegagalan sebelumnya", prestasi dapat kita capai bisa dengan cepat namun bisa juga dengan lambat, jadikan kegagalan sebagai ilmu, jadikan kesukaran sebagai penyemangat.

Prestasi spesifik yang harus diraih  seorang guru agar seorang guru bisa benar-benar dianggap guru berprestasi, guru harus bisa:

  1. Digugu dan ditiru.
  2. Memotivasi anak.
  3. Mengarahkan anak.
  4. Mendidik anak
  5. Membimbing dan memintarkan anak sesuai dengan kondisi lokasi masing-masing.
  6. Dan yang paling utama seorang guru yang berprestasi adalah guru yang bisa menginspirasi anak agar bisa sukses di dunia dan akherat.
  7. Juara merupakan bonus bagi seorang guru yang bisa meluangkan waktu dan pikirannya selain mendidik, mengajar, dan menginspirasi namun juga mengembangkan dirinya sendiri dengan berbagai pengalaman dari orang lain.

Kesimpulan

Berikut kesimpulan yang dapat penulis ambil dari pemaparan dari narasumber agar berprestasi:

  1. Jangan takut akan kegagalan, bisa jadi kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.
  2. Fokus dan kerja keras.
  3. Motivasi dari dalam diri sangat penting.
  4. Restu orang tua juga menetukan keberhasilan.
  5.  Untuk menjadi prestasi persiapkan dari awal.
  6.  Belajar sepanjang hayat.
  7. Tidak ada kata terlambat untuk berprestasi.

Terima kasih Om Jay dan Bapak Sigit atas pemaparannya semoga bisa menjadi motivasi untuk untuk berprestasi.

 



Komentar

  1. Luar biasa resumenya sangat memotivasi sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Narsumnya luar biasa, Om Jay..tambah semngat ni..

      Hapus
    2. Narsumnya luar biasa, Om Jay..tambah semngat ni..

      Hapus
  2. Mantap resume nya lebih singkat aja jelas... Lanjut..😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Bunda....cemungut deh...😊

      Hapus
    2. Terima kasih, Bunda....cemungut deh...😊

      Hapus
  3. Masyaallah...bagus sekali resume ibu, jadi ingin berprestasi juga😊

    BalasHapus
  4. Resume yang sangat bagus bu luar biasa sukses selalu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESUME PERTEMUAN KE DUA BELAS

WA SARANA BELAJAR SISWA