MENULIS SEMUDAH CHATTING

MENULIS SEMUDAH CHATTING

Oleh : Maryuni Puji Rahayu, S.Pd.SD

Pertemuan ke-21 kuliah online bersama Om Jay Jumat, 17 Juli 2020 merupakan malam yang sangat sibuk. Karena kerabat dekat akan mengadakan hajatan, menikahkan anak laki-lakinya. Jujur saja malam itu penulis hanya absen saja. WA hanya saya buka sebentar-sebentar, supaya tidak penuh. Ada perasaan tidak enak jika menyimak materi. Baru bisa agak senggang malam Sabtu. Banyak sekali chat, penulis bingung yang mana materinya. Sehingga saya meminta bantuan pada Bu Aam untuk membagi materi malam itu. Terima kasih Bu Aam.

Profil Narasumber

Trainer Amir Faisal, Business Inspirator CN : 08157698288, 082136009888  International Certified on  NLP & Persuassive Communication. Praktisi Bisnis dan konsultan marketing  beberapa perusahaan  Gogreen Industry.  International Certified on NLP (Neuro Linguistic Programming), lisenced from California, dengan Coach Syaiful Bahri dan Stefanus Izaac Tamsil – salah satu dari sembilan belas orang di seluruh dunia yang mendapat Lisenced dari Robert Dilt (Developer of The Original NLP), Certified on Persuassive Communication dari Ronny FR ( International Coach Lisenced of Richard Bandler), Certified on Basic Multiple Intelligence dan Certified on Quantum Learning by Bobbi DePorter.

Hingga kini telah puluhan ribu orang yang mengikuti pelatihannya, mulai dari Pejabat Pemerintah dan BUMN, Owner,  pimpinan dan karyawan perusahaan swasta, praktisi bisnis, Dosen,  Guru, Wakil Rakyat, pimpinan Lembaga hingga para mahasiswa.

Selain menjadi Business Coach, trainer / praktisi  NLP, juga aktif di Kadin Komite Timur Tengah serta menjadi Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Asprindo. Selain itu, tetap menyempatkan diri menulis buku. Hingga kini sudah mempublish 14 buku yang diterbitkan oleh Gramedia Group,  Change, Farisma Publishing dll

Pengalaman profesionalnya dimulai sejak lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro (1990), bekerja di Tanah Mas Group, Branch Manager PT. Pantai Raja Makmur (1997) di Pekanbaru Riau. Kemudian pada saat krisis moneter 1998 mengundurkan diri dari perusahaan dan membangun usaha sendiri. Portfolio lainnya pernah menjadi Marketing Manager PT Nitigraha Muda Vendor Telkom Divre IV ( 2004 ). Direktur Marketing WB Mindset Program ( 2007), Konsultan Marketing Media (2007).

Contact Person : 08157698288 WA atau melalui  E-mail : mrfaisal36@gmail.com, dan Fans Page : Klik Trainer Amir Faisal pada modus pencari teman di Face Book.

Kiat-kiat Menembus Penerbit Nasional

Pak Amir ini bukan berlatar belakang dari dunia penulis juga bukan dari dunia pendidikan. Namun beliau sukses dengan tulisan-tulisannya yang berupa buku diterbitkan oleh penerbit nasional yakni Gramedia. Sebagai catatan jika di Gramedia sejelek-jeleknya buku itu harus bisa bertahan minimal 6 bulan. Buku ke-9 dari 15 buku yang dibuat bisa bertahan hingga 2 tahun. “Luar Biasa”.

Hikmah yang dapat kita ambil sebagai penulis pemula, kita tidak boleh berkecil hati dalam menulis. Harapan beliau kita yang sebagai pendidik kemungkinan besar bisa.

Yang harus kita ketahui dan diingat bahwa penerbit berorientasi dengan pasar artinya tulisan yang disukai pasar/yang laku  itulah yang akan diterbitkan oleh penerbit. Kiatnya adalah :

1.      Pilih tulisan yang disukai pasar

2.      Kenali passion diri.

3.      Cari gaya penulisan yang disukai pasar.

Perlu kita ketahui daftar buku terlaris; a) novel, b) trafeling, c) komik, d) motivasi, dan seterusnya. Sebagai bahan pertimbangan dalam menulis buku yang disukai pasar.

Membongkar Rasa takut Menulis

Pada awal vidio Pak Amir mengajak untuk shercing di google mengenai artikel beliau yang berjudul Belajar Hipno Writing. Agar dipelajari. Ini ditulis saat menjadi narasumber di LPMP Yogyakarta.

Ketika seseorang sulit menulis kemungkinan besar ada hal yang menghambat yakni pikiran yang terbebani oleh aturan-aturan sehingga pikiran menjadi stres. Jika stres maka otak tak akan kreatif. Maka yang dibutuhkan adalah Free Writing (kebebasan menulis). Inilah kunci menulis Free Writing.

Di batang otak ada pintu terbuka dan terbuka. Jika terbuka/bebas akan muncul ide-ide menulis tanpa ada batasan.-batasan. Menulis akan mengalir. Dicontohkan, kita bisa ngobrol panjang lebar, kita bisa menulis di WA dengan panjang lebar, kita bisa memarahi suami/anak dengan panjang lebar. Ini artinya di otak kita ada saraf linguistik/kecerdasan hanya penyalurannya yang yang berbeda, yakni lewat oral.

Hal tersebut bisa menjadi pintu untuk kita bisa menulis yakni dengan cara mengalihkan/mengkonvers kecakapan kita ngomong dipindah dengan cara ditulis. Tulislah setiap hari, tidak usah terlalu panjang, yang penting menulis tidak bicara.

Trik menulis :

1.      Tulis negatif orang lain.

2.      Tulis positif orang lain.

3.      Tulis impian diri

Cara kerja otak : buka batang otak - lepaskan dari rasa takut - cari senang – pembiasaan - ketagihan.

Kunci menulis awal adalah pertama, tidak ada kesalahan menulis. Jika kurang huruf atau lebih biarkan saja. Ke dua, tidak ada kejelekan menulis. Dua hal tersebut nantinya akan menjadi pengalaman untuk menulis yang lebih baik lagi.

Menghipnosis Pembaca

Pada vidio ke-2 kesimpulannya, menulis tidak harus berupa buku. Bisa artikel, puisi, membuat chat, dan lain-lain. Biarkan menulis menjadi terapi diri. Prinsip-prinsip menulis :

1.      Menulis merupakan ungkapan perasaan, bahkan perasaan bersalah, kekaguman seni.

2.      Menulis karya yang holistik yakni menggabungkan pikiran, perasaan, dan hati.

3.      Memperkaya kosa kata dan khasanah.

4.      Menulis seperti air yang mengalir.

5.      Menulis itu tidak ada aturannya.

6.      Kaitkan dengan isu/kondisi yang terjadi.

Sugesti Diri Menulis itu Mudah

Kita harus mensugesti diri sendiri dari tidak percaya diri dan tulisan yang jelek. Kemudian kita harus mensugesti pembaca dari artikel yang kita buat.

Terkadang tulisan kita (stimulus) dipersepsikan oleh pembaca berbeda dengan persepsi kita sebagai penulis. Maka dari itu perlu disamakan dengan mensugestinya. Di pikiran orang ada filter yang menyaring tulisan seseorang. Jika penulisnya sudah sangat terkenal maka langsung bisa diterima. Namun akan berbeda jika yang menulis belum/tidak terkenal, maka akan dipilah dan pilih.

Berikut isu-isu yang tak banyak filter :

1.      Aktual.

2.      Mengaitkan pengalaman yang unik/berbeda dengan yang lain.

3.      Mengenalkan temuan atau ilmu baru.

4.      Menggunakan sudut pandang yang baru.

Kesimpulan

Setelah menyimak empat vidio, dapat penulis simpulkan :

1.      Siapapun bisa menjadi penulis asal ada kemauan serta sesuai passionnya.

2.      Sugesti diri bahwa menulis itu mudah.

3.      Tulislah dengan bebas (free writing), kita bebas menuangkan gagasan.

4.      Untuk mensugesti pembaca akann tulisan kita, perkaya kosa kata dan khasanah pengetahuan kita.

Demikian yang dapat penulis catat dari menyimak empat vidio yang disampaikan oleh narasumber. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Tak lupa saya ucapkan terima kasih pada Om Jay, Pak Amir Faisal, Ibu Aam, serta semua yang terlibat dalam perkuliahan ini.

 

Profil Penulis


Nama               : Maryuni PR, S.Pd.SD

Instansi            : SDN Rowodadi, Grabag, Purworejo, Jawa Tengah

Blog                : maryunipujipr73

e-mail              : maryunipuji11@gmail.com


Komentar

Postingan populer dari blog ini

WA SARANA BELAJAR SISWA